Gudang Alternatif CO2

Seluruh dunia menuju populasi 9 milyar manusia, penggunaan energy akan naik dua kali lipat, pemanasan global semakin mengancam. Salah satu cara terbaik untuk membatasi pemanasan global adalah menangkap karbon dioksida.

Bagaimana menangkap puluhan milyar ton gas karbon dioksida? Memompa karbon dioksida kedalam bumi sudah pernah dikemukakan. Tapi masih ada kemungkinan gas kabur bila menggunakan cara tersebut.

Tim peneliti mengusulkan alternatif penyimpanan karbon dioksida tanpa batas dengan risiko rendah: sedimen dasar laut dengan temperatur pas akan menjamin gas karbon dioksida menjadi lebih padat daripada air diatasnya, sehingga akan terkunci permanen.

Pada kedalaman laut 10.000 kaki, dengan temperatur sekitar 35 derajat farenheit dan adanya tekanan air dari atas, akan menyebabkan karbon dioksida cair terpompa dan menyerap ke dalam sedimen sehingga lebih padat daripada air, kata para peneliti.

Para ahli lain mengatakan bahwa ide tersebut cukup menjanjikan tapi perlu pengujian yang ekstensif di lapangan. Ahli lain mencatat bahwa merancang dan membangun pabrik tang dapat dengan efektif menangkap dan mengompres gas akan lebih sulit daripada mencari tempat untuk menyimpannya.

Penulis studi utama, Kurt Zenz House, seorang mahasiswa pasca sarjana bidang ilmu pengetahuan bumi di Harvard, mengatakan bahwa studi ini menunjukkan “ada pilihan penyimpanan yang stabil dan permanen untuk CO2 dalam jumlah besar.” (MK)

0 comments:

Post a Comment