Kapan Mesin Harus Di Panaskan ?


Mesin kendaraan wajib dipanaskan setiap hari dan pada kondisi-kondisi tertentu yang diperlukan untuk menjaga memelihara keawetan mesin kendaraan. Memanaskan mesin, bukan hanya dilakukan jika kendaraan akan dijalankan. Namun, pada waktu kendaraan tidak dijalankan sekalipun wajib dilakukan pemanasan setiap hari, serta ketika habis memacu kendaraan dengan putaran mesin yang tinggi. Memanaskan mesin di sini untuk menjaga agar mesin tetap mendapat pelumasan oli yang akan membantu memelihara kondisi mesin agar tetap awet dan bekerja maksimal.
Waktu yang diperlukan untuk memanaskan mesin adalah:
  1. Sebelum menggunakan kendaraan, biasanya di pagi hari. Lakukan sekitar 2-3 menit atau tidak lebih dari 5 menit demi menghemat bahan bakar dan waktu sedemikian sudah cukup untuk melumasi bagian mesin dengan oli. Silakan baca artikel sebelumnya Memanaskan Mesin Wajib Dilakukan.
  2. Ketika setelah memacu kendaraan dengan putaran mesin yang tinggi, maka jangan langsung mematikan kendaraan, akan tetapi lakukan pemanasan kendaraan atau melakukan pelumasan oli terhadap mesin. Dalam hal ini biarkan mesin hidup dalam kondisi iddle atau gas tidak digember-gember, tapi biarkan mesin tetap hidup sendiri. Baru kemudian matikan mesin jika kira-kira pelumasan oli sudah mencukupi. Hal ini untuk mengurangi efek kerusakan pada mesin dari penggunaan pada putaran yang tinggi, karena pada putaran pacu yang tinggi pelumasan mesin kadang tidak sempurna, jadi sebelum mesin dimatikan, biarkan terjadi pelumasan mesin terlebih dahulu baru dimatikan. Jangan langsung dimatikan.
  3. Setiap hari, ketika kendaraan tidak digunakan. Hal ini berguna untuk menjaga kerusakan pada mesin akibat suhu dan berbagai hal yang membuat kerusakan pada material mesin yang tidak kena lumasan oli mesin. Misalnya untuk menghindari mesin berkarat. 
Sumber :
otomotif.heryantony.com

    0 comments:

    Post a Comment