Turbocharger

About: Otomotif

 

Mobil yang dilengkapi dengan turbocharger akan mempunyai kemampuan yang lebih besar dibandingkan dengan mobil yang tanda dilengkapi turbocharger. Turbocharger adalah sistem Forced Induction, udara di kompresikan dan dipaksa masuk ke dalam mesin pada saat proses pembakaran, sehingga proses pembakaran menjadi lebih sempurna.
Turbocharger memanfaatkan tekanan exhaust untuk memutar turbin yang akan mendorong masuk udara ke dalam intake, yang selanjutnya udara yang terdorong oleh turbin tersebut bersama bahan bakar yang ada di carburator di kabutkan untuk selanjutnya di kirim ke ruang bakar. Dengan demikian fungsi turbocharger memaksa udara dan bahan bakar yang masuk ke dalam ruang bakar menjadi lebih banyak sehingga pembakaranpun akan terjadi lebih besar.
Turbocharger pada mobil diantaranya power yang pasti lebih besar pada putaran tinggi, tapi untuk putaran bawah dengan menggunakan turbocharger tenaga mesin akan sedikit ngempos. Hal ini disebabkan karena tekanan dari exhoust belum mampu mendorong udara masuk ke intake secara maksimal. Tapi bengkel modifikasi ataupun pabrikan telah mampu mengatasinya dengan memanfaatkan perangkat yang disebut dual turbin turbocharger, satu turbin untuk putaran mesin rendah dan satu turbin untuk RPM tinggi.
Perlu diperhatikan juga bagi mobil – mobil yang menggunakan turbocharger panas yang dihasilkan dapat memuaikan udara intake sehingga kadar oksigen berkurang. Sehingga perlu diperhatikan kondisi intercooler harus benar – benar terjaga, karena fungsi dari intercooler adalah untuk mendinginkan udara yang masuk ke intake.
Dengan menggunakan turbocharger sebenarnya konsumsi bahan bakar lebih efisien. Karena selama turbin belum berputar, bahan bakar akan disuplay sesuai dengan kebutuhan mesin. Disamping itu suara yang dihasilkan lebih halus sehingga lebih nyaman di telinga.
Karena turbocharger selalu terkena panas, maka akan menjadi sangat rawan untuk terjadinya kerusakan untuk itu perawatan dan pengecekan kondisi bantalan dan pelumas harus selalu dilakukan jika ingin komponen turbocharger ini awet.

Sumber:
duniabengkel.com

0 comments:

Post a Comment